Selasa, 13 Agustus 2019

Contoh SPJ BOS Format Excel Tahun 2019 2020

Laporan BOS
Laporan BOS
Laporan BOS »

Surat PertanggungJawaban atau yang lebih familiar dengan sebutan SPJ BOS/LPJ BOS pada umumnya merupakan bagian dari laporan keuangan sekolah terkait penyajian suatu data informasi kegiatan yang sudah di laksanakan, dengan pelaporan indikator pelaksanaan mencatat setiap pemasukan maupun pengeluaran terkait keuangan yang bersumber dari dana bantuan operasional sekolah.

Sebagai pihak operator sekolah ataupun tim pengelola bagian administrasi laporan BOS, tentu saja diwajibkan untuk mampu membuat sebuah laporan secara absah, akuntabel dan transparan, berkaitan hal itulah format contoh SPJ bantuan operasional sekolah (BOS) kami bagikan guna membantu pihak bendahara atau pengurus dalam menjalankan tugasnya di sekolah, baik di jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK.


Apabila mengulas tentang tata cara kelola keuangan dana BOS yang merujuk pada salinan permendikbud nomor 008, terdapat beberapa prosedur petunjuk teknis mengenai pengelolaan BOS dengan menggunakan manajemen berbasis sekolah (MBS).

Dimana pada lampiran Juknis Terbaru tersebut ialah pihak sekolah dapat leluasa dalam merencanakan, mengelola dan pengawasan program, namun dengan disesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan sekolah, atau lebih tepatnya penggunaan dana untuk kepentingan peningkatan layanan pendidikan.

Contoh SPJ BOS

Aplikasi SPJ Format Laporan Terbaru

Merujuk pada pemaparan diatas maka contoh file Laporan pertanggungjawaban yang kami bagikan telah memuat beberapa rincian data yg paling umum dan sering digunakan oleh pihak satuan pendidikan, dengan format laporan menyesuaikan juga ketentuan yang berlaku pada Juknis.

Dengan demikian bagi pihak pengurus dapat menggunakan berkas tersebut sebagai penunjang dalam membuat atau merekap setiap kegiatan dan penggunaan yang telah dilaksanakan, terutama menyampaikan laporan pencairan tiap triwulan, melakukan monitoring untuk evaluasi pelaksanaan program, serta menyampaikan rekapitulasi baik pencairan maupun penggunaan dana ke tim BOS pusat.

Mengenai dokumen format yg kami sajikan inipun dikemas dengan menggunakan file berbasis microsoft excel dengan menyesuaikan apa yang tertuang dari Juknis BOS, sehingga akan memudahkan anda dalam mengoprasikan nya, termasuk melakukan pencetakan sebuah pemberkasan untuk membuat bukti fisik laporan pertanggung jawaban baik itu RKAS maupun laporan keuangan lainnya yang bersumber dari dana BOS.

Sebab microsoft excel sendiri sudah menjadi bagian dari perangkat sofware produktivity paling umum digunakan baik di bidang perkantoran, kesehatan maupun di instansi pendidikan, terlebih untuk pendataan pengelolaan keuangan.

Baik berikut langsung saja silahkan miliki contoh pembuatan laporan dalam menyusun dan menyampaikan data keterangan untuk SPJ/LPJ dalam format excel melalui rujukan via Google Drive.

Demikian diharapkan adanya dokumen Contoh SPJ BOS di atas mampu membantu pihak pengurus keuangan untuk melengkapi pembukuan dan penyampaian laporan secara lengkap, terutama meningkatkan tanggung jawab baik secara formal maupun material yg transparansi atas penggunaan BOS yang sudah diterima.

Sekian informasi terbaru dari admin, jika diperlukan silahkan untuk membagikan nya kembali melalui media sosial kepada rekan pendidik yg memerlukan supaya bermanfaat.

Laporan BOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *