Senin, 24 September 2018

Laporan BOS Buku Kas Umum

Laporan BOS
Laporan BOS
Laporan BOS »

Berikut kami akan membagikan salah satu contoh format laporan dana Bantuan operasional sekolah (BOS), dimana format pelaporan ini admin sediakan untuk pemberkasan Buku Kas Umum dana BOS 2019 atau BKU, sehingga pihak pengelola dana keuangan bos bisa memanfaatkan dokumen ini sebagai penunjang dalam mencatat serta mendata setiap keuangan.

Dalam Mengelola dana bantuan operasional sekolah tentunya dibutuhkan beberapa pembuatan sebuah berkas yang bahkan harus dipersiapkan, dengan pembuatan suatu dokumen laporan dilakukan secara transparan dan terperinci, nah untuk itu dalam menunjang pembuatan laporan SPJ BOS, maka pastinya selaku pengurus akan memerlukan sebuah format atau aplikasi BKU.

Karena itu admin harap Aplikasi Buku Kas Umum untuk Laporan dana BOS yang kami sajikan bisa menjadi penunjang sekaligus memudahkan anda dalam merinci keuangan serta pengelolaan yang jelas dan teratur, sebab apabila merujuk pada panduan atau yang tertuang pada Juknis BOS pihak pengelola harus mampu membuat pelaporan secara transparan, konkrit, serta akuntabel.

Membahas tentang penggunaan Dana Operasional Sekolah pasti nya perlu di alokasikan dengan baik, terutama untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan di sekolah, di sinilah pihak pemangku satuan pendidikan harus mampu membuat rencana anggaran belanja sesuai kebutuhan dalam meningkatkan kualitas belajar.

Seperti misal membuat sebuah anggaran untuk melengkapi beberapa peralatan yang dapat membantu dan menunjang kelancaran proses kegiatan mengajar, semisal perlengkapan peralatan guru, atau pengadaan peralatan laboratorium maupun perpustakaan, namun dibalik itu semua menyesuaikan kebutuhan tiap tiap sekolah.

Laporan BOS Buku Kas Umum

Contoh Laporan BOS Buku Kas Umum (BKU) Format Excel

Pada dokumen Format Buku Kas Umum yang saya sajikan inipun dibuat dengan menggunakan file berbasis microsoft excel, sehingga sangat mudah digunakan, bukan itu saja berkas tersebut merupakan bagian paling umum yang banyak digunakan atau dipersiapkan untuk membuat sebuah laporan.

Selain memberi kemudahan dalam membuat pelaporan, juga sangat mudah ketika akan melakukan cetak dokumen atau di print langsung, sehingga pengelola bisa menyusun setiap berkas mulai dari tahap proses awal, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap pelaporan.

Juknis BOS 2019

Ketika Guru yang di berikan perintah untuk membuat pemberkasan SPJ BOS harus sesuai dengan Juknis 2018. Jika perihal tersebut tidak dilaksanakan kemungkinan dana bantuan sekolah tidak akan cair, itu akan berdampak pada kelancaran sekolah sekolah lain.

Setiap satuan jenjang pendidikan atau sekolah penerima bantuan dana BOS diwajibkan untuk membuat laporan setiap triwulan ataupun semester, lantas bagaimana cara membuat laporan dana bos online melalui bos.kemdikbud.go.id ?

Laporan BOS Online

  1. Pertama kunjungi situs tersebut melalui pojok kanan bawah yang tertera login sekolah
  2. Kedua pada dashbor pilih tombol tambah
  3. ketiga pilihlah setiap tahun triwulan, kemudian isilah data setiap pengeluaran sesuai anggaran, setelah semuanya komplit lalu klik proses.
  4. ke empat maka sesudah proses akan muncul berupa laporan yang sudah anda buat tadi, disana anda dapat meneliti atau menelaah kembali untuk memastikan tidak ada yang salah dan data konkrit sesuai pengeluaran.
  5. Apabila semuanya benar maka pembuatan laporan secara online selesai dan berhasil.

Berikut Format BKU BOS dimana memuat juga beberapa contoh laporan seperti Buku Bank, Kas Tunai, Buku Pajak, Register, dan pembuatan Berita Acara. Selengkapnya silahkan miliki saja secara gratis melalui tautan Aplikasi Buku Kas Umum.

Fungsi Contoh Dari BKU BOS yang kami sajikan ini supaya memudahkan pihak pengelola membuat data laporan secara akurat dan absah, sehingga setiap kali penggunaan dana biaya operasional non personalia sekolah dapat terinci dengan baik dan benar serta terealisasikan sebagaimana mestinya sesuai yg tertuang pada peraturan juknis ketentuan penggunaan dan penyaluran BOS.

Demikianlah informasi terbaru mengenai Format Contoh Buku Kas Umum BOS untuk pelaporan dana BOS kami siapkan diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan anda dalam mengelola keuangan dana bantuan operasional sekolah baik jenjang SD, SMP SMA maupun SMK.

Lihat Juga :
Contoh Laporan Keuangan Sekolah Excel
Laporan BOS

8 komentar:

  1. passwaord nya apa ya mas..terima kasih

    BalasHapus
  2. tidak memakai password Pak Tinggal di download dan langsung dapat digunakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga coba buka... tapi filenya tidak bisa di ganti.. ada pasword yang diminta

      Hapus
    2. saya mau mengganti tahun laporannya jadi tahun 2019.. tapi tidak bisa... mohon bantuannya

      Hapus
    3. berhubung lupa sumbernya, silahkan di unduh kembali sekarang bisa digunakan dan mengganti tahun.

      Hapus
  3. Ngga bisa diketik di homenya. gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di download kembali link barunya, sekarang bisa di ubah menu home dan menyesuaikan dengan data sekolah.

      Hapus
  4. boleh minta link buat downloadnya

    BalasHapus

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *